Apel Siaga Pengawas Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Siap Awasi

Penajam, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye pada Pemilu 2024 yang diselenggarakan di Kantor Bawaslu Kaltim, pada Selasa (28/11/23), Bersama seluruh pengawas pemilu Kabupaten/kota Se- Kalimantan Timur.


Jajaran pengawas kini mulai merapatkan barisan untuk turun langsung kelapangan guna mengawasi adanya potensi dugaan pelanggaran kampanye yang dimulai pada hari ini 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang.


Bertindak sebagai pemimpin apel, Ketua Bawaslu Provinsi Kaltim, Hari Darmanto mengatakan bahwa peran Bawaslu menjadi penting dalam menegakkan demokrasi. Pemilu menjadi penentu kualitas penyelenggaraan pemilu baik dari sisi substansi dan prosedurnya itu akan menentukan siapa yang memipin dan bagaimana dia memimpin.  Peran Bawaslu sebagai pengawas sangat penting untuk menentukan masa depan demorkasi Indonesia.


Selanjutnya, tahapan kampanye yang dimulai hari ini, akan menyita banyak perhatian, konsentrasi dan waktu kita tapi kami pastikan kita semua dan teman-teman tidak sendiri dalam melakukan pengawasan Pemilu. Mari kita lakukan gerakan bersama-sama baik dari pengawas yang di kelurahan, kecamatan, Kota dan Provinsi jangan takut untuk bergerak sendiri. 


“Netralitas ASN, TNI, POLRI juga tidak akan luput dari pengawasan institusinya. Saya tekankan kepada teman teman untuk tidak pernah takut dan pandang bulu kepada siapapun apabila terjadinya potensi dugaan pelanggaran maka harus ditindak,” tegasnya. 


Acara Apel Siaga ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Kaltim Hari Dermanto, Anggota Bawaslu Kaltim Wamustofa Hamzah, Kepala Sekretariat Yusuf serta mengundang Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota hingga Panita Pengawas Pemilu Kecamatan dan Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan se – Kota Samarinda.

Penulis Okta Purnama