Berita | Bawaslu Kab. Penajam Paser Utara Berita | Bawaslu Kab. Penajam Paser Utara

Berita

Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali megadakan kegiatan Rapat Evaluasi dan Presentasi Legal Opiniaon Topik yang telah ditentukan, Kamis (21/10/2021) melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan Gelombang ke IV dari rangkaian kegiatan Legal Opinion yang diselenggarakan Divisi Hukum Bawaslu Provinsi Kaltim.

Dengan dihadiri 10 peserta Bawaslu Kabupaten/Kota se Kaltim, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia dan pendampingan bantuan hukum. Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Provinsi Kaltim, Muhammad Ramli pada saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada peserta rapat yang turut membantu tugas hukum terkait Legal Opinion yang sudah memasuki sesi ke IV. 

“Dengan kegiatan ini, kita bisa menjaga...

Baca Selengkapnya

Beberapa waktu lalu Bawaslu Kabupaten PPU menghadirkan Alumni SKPP Tingkat Menengah, Aji Ahmad Affandi,  anak muda asal Labangka Barat yang lebih akrab dengan nama Aji, merupakan  salah satu  peserta  yang telah mengikuti rangkaian kegiatan kelas SKPP hingga ke tahap menengah ini dan mendapat kesempatan untuk hadir di Podcast Adopsi Bawaslu PPU. 

Pembahasan yang diulas dalam podcast adalah seputar pengalaman selama mengikuti kelas SKPP menengah, serta hal-hal menarik di dalamnya. Salah satu hal yang di singgung Aji adalah terkait penguatan kewenangan penyelenggara pemilu tentang penyelesaian sengketa proses.

" Saya berharap dalam menyelesaikan sengketa proses, putusan yang dikeluarkan oleh Bawaslu memiliki sifat final...

Baca Selengkapnya

Bawaslu provinsi Kalimantan Timur dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) penyelesaian sengketa menggelar "Rapat Presentasi Rencana Pembelajaran (RP) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)" pada hari Jumat (22/10/2021).

Rapat yang dilakukan secara daring ini membahas tentang rencana pembelajaran bagi majelis dan panitia dalam penyelesaian sengketa proses yang disusun oleh Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur. Bawaslu Penajam Paser Utara mendapat tugas untuk menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terkait kompetensi dasar tugas dan wewenang sekretaris musyawarah penyelesaian sengketa proses pemilu dan pemilihan. 

Menilai strategisnya peran sekretaris dalam penyelesaian sengketa proses, maka sekretaris dituntut untuk memahami dan memiliki kemampuan dalam menjalankan tupoksi...

Baca Selengkapnya

Bawaslu Kabupaten Penajam paser Utara (PPU) belum lama ini kembali mengikuti agenda rutin Senin Ceria Kajian Tematik Pengawasan seri ke 4 dengan tema "Pemutakhiran Data Pemilih (DPS)". Agenda ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom. Narasumber kali ini adalah Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Kabupaten Paser, Fauzan.

Dalam presentasinya Fauzan menyampaikan bahwa ada beberapa prinsip dalam penyusunan daftar pemilih yakni dengan tidak menggabungkan pemilih dari kelurahan/desa atau nama lain berbeda pada TPS yang sama, tidak memisahkan pemilih dalam satu RT atau nama lain pada TPS yang berbeda, tidak memisahkan pemilih dalam satu keluarga pada...

Baca Selengkapnya

Penajam, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Untuk menerapkan disiplin dilingkungan kerja, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengadakan apel pagi pada Senin, (18/10/2021) dan siangnya dilanjutkan dengan Rapat Mingguan. Apel dilaksanakan di halaman Kantor Bawaslu PPU jam 08.00 WITA.


Apel dipimpin oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu PPU, Ali Musri Syam dan diikuti oleh seluruh staf pelaksana maupun pendukung. Ali Syam menyampaikan kegiatan Apel ini bertujuan untuk menerapkan kedisiplinan lingkungan kerja agar bekerja dengan prima dan meningkatkan kualitas kinerja yang lebih baik.


"Apel pagi merupakan salah satu instrumen untuk membangun disiplin kerja yang akan berdampak pada budaya kerja pada institusi atau lembaga...

Baca Selengkapnya

Penajam, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Tetap konsisten seperti minggu-minggu yang lalu, setiap Senin Bawaslu PPU selalu melaksanakan rapat rutin internal. Rapat pada siang ini, Senin (18/10/2021) membahas terkait perkembangan website dan media sosial, rencana kegiatan 1 minggu kedepan, serta kedisiplinan dalam bekerja.


Membuka rapat, Ketua Bawaslu Edwin Irawan menyampaikan bahwa rapat ini akan senantiasa selalu dilaksanakan dan konsisten setiap hari Senin. “Seperti yang sudah kita ketahui selama ini, bahwa rapat ini bertujuan sebagai wadah evaluasi dan motivasi,” ujarnya.


Kemudian, disilahkan Koordinator Sekretariat Bawaslu PPU Ali Musri Syam menyampaikan laporan perkembangan lembaga dalam sepekan terakhir serta arahan untuk minggu selanjutnya. “ Pertama,...

Baca Selengkapnya

Podcast yang diberi nama Ada Obrolan Seputar Demokrasi (Adopsi) milik Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus digiatkan. Pada Sabtu (16/10/2021) lalu, Bawaslu Kabupaten PPU menghadirkan Alumni SKPP Tingkat Menengah untuk menjadi tamu dalam Podcast Adopsi. Perekaman podcast dilakukan secara bergantian, dalam podcast  pertama ialah Anisa Ramadhan wanita yang lebih akrab dengan nama Ica, satu satunya peserta perempuan yang telah mengikuti rangkaian kegiatan kelas SKPP hingga ke tahap menegah.

Pembahasan yang diulas dalam podcast adalah seputar pengalaman selama mengikuti kelas SKPP, serta hal-hal menarik di dalamnya. Ica menceritakan meski tidak memiliki latar belakang soal Hukum, namun dirinya memiliki minat tersendiri terhadap...

Baca Selengkapnya

Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Perencanaan Anggaran Tahun Anggaran 2022 pada Selasa (19/10/2021) Pukul 10.00 WITA bertempat di Ruang Sidang Bawaslu Provinsi Kaltim, kegiatan ini akan di hadiri oleh Kepala Sekretariat atau Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kaltim.

"Kegiatan persiapan perencanaan anggaran sangat penting dilaksanakan mengingat tahun anggaran 2021 akan berakhir beberapa bulan kedepan. Kegiatan ini bertujuan agar kegiatan atau program kerja untuk tahun anggaran 2022 yang telah direncanakan dapat segera di sampaikan dan disosialisasikan kepada seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur," ujar Koordinator Sekretariat Bawaslu PPU, Ali Musri Syam yang ditemui diruang kerjanya pada Senin, (18/10/2021).

Lebih...

Baca Selengkapnya

Memasuki triwulan ke empat tahun anggaran 2021 Bawaslu Penajam Paser Utara (PPU) telah menyelesaikan kegiatan yang ada serta mengoptimalkan kegiatan yang bersifat swakarya yang bertujuan agar Bawaslu PPU lebih meningkatkan kinerjanya sebagai lembaga pengawas pemilu.

Ditemui diruang kerjanya, Koordinator Sekretariat, Ali Musri Syam menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan pada triwulan empat atau dipenghujung akhir tahun ini yaitu tentang apa saja yang akan dilakukan diantaranya yaitu, perlunya konsistensi dalam bekerja dan penyelesaian tugas yang dibebankan sesuai tupoksi masing-masing.

" Konsistensi dalam bekerja yaitu tetap menjalankan apa yang sudah ditugaskan sesuai tupoksi dan selalu berusaha meningkatkan kinerja. Penyelesaian tugas yaitu pekerjaan yang...

Baca Selengkapnya

Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah melaksanakan rapat evaluasi pelaksanaan SKPP tingkat dasar dan menengah, serta penyusunan rencana strategis kegiatan alumni SKPP pada Jumat (15/10/21) dan bertempat diruang Rapat Bawaslu Kaltim, dengan peserta Koordinator Divisi PHL Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kaltim.

Rapat dipimpin oleh Galeh Akbar Tanjung selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga  didampingi oleh Kabag pengawasan A. Andri Purwanta. Dalam rapat tersebut ada beberapa catatan dalam pelaksanaan SKPP dasar di tiga zona se Kaltim, diantaranya adalah efektivitas penguasaan forum oleh panitia yang dalam hal ini landing sektornya ada di Bawaslu Kabupaten/Kota. Sehingga melalui catatan ini penting sekali untuk mengembangkan kemampuan...

Baca Selengkapnya