Berita | Bawaslu Kab. Penajam Paser Utara Berita | Bawaslu Kab. Penajam Paser Utara

Berita

Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali melaksanakan rapat rutin internal pada Senin (19/4/2021). Rapat tersebut merupakan rapat pertama yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan ini. Pimpinan rapat yang hadir yaitu Ketua Bawaslu PPU Edwin Irawan, S. H, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Organisasi dan Data Informasi Bawaslu PPU Daud Yusuf, S.Hut, dan Koordinator Sekretariat Bawaslu PPU Ali Musri Syam, S.IP.

Dalam rapat rutin tersebut Ketua Bawaslu PPU mengingatkan kembali kepadastaf pelaksana untuk terus aktif melaksanakan tanggung jawab kerja walaupun di masa pandemic dan dalam keadaan berpuasa serta tetap melaporkan kepada Koordinator Sekretariat apabila tidak dapat hadir dikantor. 

“ Terkait absensi buat...

Baca Selengkapnya

Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar rapat dalam jaringan (Daring) bersama seluruh Koordinator Sekretariat dan Bendahara Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kaltim untuk membahas mengenai langkah-langkah pengelolaan anggaran di tahun 2021 pada Senin (19/04/2021).

Rapat daring di buka oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kaltim Yusuf, pada kesempatannya dirinya menjelaskan bahwa pelaporan pengelolaan anggaran pada masing-masing Kabupaten/Kota perlu diperhatikan lagi, sebab Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) berlaku 1 tahun, jadi jangan sampai anggaran telah dikeluarkan tetapi pelaporan surat pertanggungjawaban (SPJ) nya belum terselesaikan dengan baik setiap bulannya. 

“Salah satu prinsip yang wajib diprioritaskan dalam menjaga kelangsungan lembaga, yakni pelaporan triwulan atau per-semester hal ini harus dilakukan agar...

Baca Selengkapnya

Penajam, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sepanjang tahun 2021 bisa dipastikan tidak ada tahapan pemilu maupun pemilihan, sehingga banyak pihak yang beranggapan bahwa Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu tidak mempunyai kegiatan yang secara spesifik berkaitan dengan proses Pemilu dan Pilkada.

Hal tersebut mendapat tanggapan dari Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu PPU, Moh Khazin. Dirinya menyampaikan Diluar sana mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa saja kerja Bawaslu di saat non tahapan Pemilu dan Pilkada, sebenarnya di saat seperti ini tanggung jawab kehumasan yang senantiasa harus tetap eksis baik dalam tahapan maupun non tahapan. 

"Ada juga proses kaderisasi dalam rangka meningkatkan partisipasi pengawas...

Baca Selengkapnya

Ditengah kegiatan pengawasan tahapan pemilu maupun pemilihan yang hampir tidak ada, Bawaslu RI mencanangkan kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang direncanakan launching pertengahan tahun 2021 ini. Menghadapi program tersebut Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) harus sudah mempersiapkan segalanya, baik teknis maupun SDMnya. Oleh karena itu ada beberapa langkah yang sudah dilakukan Bawaslu PPU saat ini, salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada dan beberapa organisasi kepemudaan. Sehingga harapannya nanti dalam pelaksanaan merata dan menyentuh berbagai elemen masyarakat dan tersebar diseluruh wilayah Kabupaten PPU.


Kordinator Pengawas Humas dan Hubal Bawaslu PPU, Moh Khazin mengatakan bahwa untuk tahun...

Baca Selengkapnya

Bencana alam yang kian marak terjadi  di negeri kita Indonesia, tak terkecuali Provinsi di Indonesia yang berada dibagian timur yaitu Kepulauan Nusa Tenggara. Beberapa waktu lalu saudara-saudara kita di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat mengalamai musibah banjir bandang dan longsor di beberapa titik lokasi. 


Bencana yang terjadi pada hari Minggu (4/4/2021) ini, tercatat hingga Kamis, 15 April 2021 masih ada 12.000 lebih warga mengungsi di sejumlah titik pengungsian akibat terdampak bencana yang dipicu oleh siklon tropis seroja. Sementara itu Provisni NTT mencatat korban meninggal dunia 181 orang dan hilang 47 orang. Tidak hanya korban jiwa, bencana tersebut juga mengakibatkan...

Baca Selengkapnya

Pada setiap Pemilu dan Pilkada, Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah masalah yang selalu berulang-ulang terjadi. Angka dalam DPT ini terus bergerak mengalami perubahan setiap Pemilu dan Pilkada. Angka perubahan dalam DPT pun itu bisa bertambah maupun berkurang. Sehingga terciptanya daftar pemilih yang akurat, komprehensif dan mutakhir adalah harapan seluruh rakyat tanpa terkecuali, untuk memastikan hak memilih setiap rakyat dapat terpenuhi.


Dalam mengupayakan DPT yang akurat, komprehensif dan mutakhir, KPU PPU setiap bulannya melakukan penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 24 point (1) melakukan Pemutakhiran dan Pemeliharaan Data Pemilih...

Baca Selengkapnya

Menindaklanjuti aktivitas kerja di lingkungan Bawaslu selama Ramadhan, Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah mengeluarkan nota dinas terkait penetapan jam kerja. Secara umum jam kerja mengalami penyesuaian dari bulan-bulan sebelumnya.


Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Ali Musri Syam dalam rapat rutin pada Senin (12/4/2021) juga menyampaikan, setelah dikeluarkan nota dinas dari Bawaslu Kaltim tersebut, pihaknya menindaklanjuti dengan menetapkan jadwal masuk kantor (Work From Office) dan tugas kedinasan di rumah (Work From Home) bagi seluruh staf Sekretariat Bawaslu PPU.


“Sesuai surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 09 Tahun 2021 tentang penetapan...

Baca Selengkapnya

Belakangan ini fenomena podcast menjadi hal yang di gandrungi oleh banyak orang. Tidak hanya oleh kalangan individu maupun deretan publik figur atau artis, namun di dalam lembaga dan organisasi juga mulai banyak bermunculan. Fenomena ini pun diikuti oleh lembaga Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).


Format podcast yang diusung sukses menarik narasumber untuk dapat berpartisipasi menjadi pembicara. Selama kurun waktu enam bulan podcast milik Bawaslu PPU yang di beri nama ADOPSI (Ada Obrolan Seputar Demokrasi) ini berhasil mengundang berbagai narasumber untuk berbagi pengalaman, sosialisasi, tantangan, bahkan klarifikasi hal-hal yang terkait dengan kepemiluan.


Namun, dibalik berjalannya podcast adopsi ini ada proses dan liku...

Baca Selengkapnya

Perjalanan Bawaslu selama 13 Tahun telah mengalami berbagai macam tantangan dan hambatan, akan tetapi tidak menyurutkan langkah jajaran pengawas pemilu untuk terus mengawal demokrasi. Sehubung dengan Hari Lahir Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia yang ke-13  yang jatuh tanggal 9 April 2021, maka Bawaslu RI mengundang seluruh jajaran Bawaslu dan Panwaslih seluruh Indonesia untuk ikut serta dalam acara syukuran sekaligus peringatan dan tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) Bawaslu Ke-13.

Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara menghadiri acara Harlah Bawaslu RI yang ke-13 via Zoom Meeting di Ruang Rapat bersama dengan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kab/Kota seluruh Indonesia, (09/04/2021).

Ketua Bawaslu, Edwin Irawan mengatakan...

Baca Selengkapnya

Tim Inventarisasi Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Staf Keuangan Rinda Novia dan Andri Hermawan melakukan Inventarisasi Barang Milik Negara Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara, hal ini dilakukan dalam upaya mewujudkan tertib Administrasi Barang Milik Negara.


Inventarisasi dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 6-7 April 2021 bertempat di Kantor Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara, proses inventarisasi berjalan lancar. Dari 146 Jumlah Barang Milik Negara setelah dilakukan Inventarisasi terdapat 128 dalam kondisi baik, 18 dalam kondisi rusak berat dan 1 dalam kondisi rusak ringan.


Dalam pelaksanaannya Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara, Ali Musri Syam memberikan apresiasi kepada staf pengelola Barang...

Baca Selengkapnya