Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara lakukan Pelantikan 502 Pengawas TPS terpilih

Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara pada hari Senin (22/1/2024) melantik 502 Pengawas TPS terpilih yang dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Penajam Paser Utara secara serentak di berbagai titik disetiap Kecamatan. Pelantikan ini menjadi langkah awal untuk memastikan kelancaran Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kecamatan se-Kabupaten Penajam Paser Utara.

Rangkaian acara terdiri dari pelantikan dan pembacaan sumpah yang didampingi pemuka agama, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pakta Integritas dan terakhir pemakaian secara simbolik rompi, topi serta tanda pengenal PTPS. Setelah prosesi pelantikan ini, acara dilanjutkan dengan sesi pembekalan oleh Panwaslu Kecamatan masing-masing.

Moh. Khazin selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara, dalam sambutannya menyampaikan selamat bertugas sebagai ujung tombak Pengawal Demokrasi kepada 502 PTPS yang terpilih dan dilantik.

"Selamat kepada PTPS yang terpilih dan dilantik saat ini, Saya berharap agar dapat menjalankan tugas sesuai regulasi yang berlaku dan menjaga integritas sesuai peraturan perundang-undangan. Dalam menjalankan tugas, PTPS harus kredibel, berintegritas, berkompeten, dan mampu menjaga independensi serta netralitas di Pemilu ini,"ungkapnya.

 

Lanjutnya, ia menyampaikan bahwa Pengawas TPS se-Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki 542 Orang sesuai TPS di Kabupaten Penajam Paser Utara namun masih terkendala kurangnya 40 orang PTPS. “Tetapi Pengawas TPS masih kurang 40 orang dengan jumlah wilayah Penajam 30 orang, Sepaku 1 orang, Waru 5 orang, Babulu 4 orang. Sehingga ada Perekrutan kembali Pasca Lantik Gelombang ke-4. Batas akhir lengkap Pengawas TPS se-Kabupaten Penajam Paser Utara di tanggal 7 Februari 2024”tegasnya.

 

Penulis : Melinda Salsabella