Sen. Okt 26th, 2020

Bawaslu Penajam Paser Utara

Situs Resmi Bawaslu Penajam Paser Utara

Pelaporan Pelanggaran Selama Masa Kampanye

1 min read

Penajam, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Pilkada serentak 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang ditengah bencana non alam pandemi virus Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan tahapan kampanye lebih banyak memanfaatkan media sosial dan media dalam jaringan (Daring).

Koordinator SDM Organisasi dan Data Informasi Bawaslu PPU Daud Yusuf menyampaikan, akan banyak celah bagi pasangan calon maupun tim kampanye untuk menyebabkan terjadinya pelanggaran pada tahapan kampanye ini. Timbulnya berita atau postingan benar dan Hoax juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

“Namun demikian Bawaslu sudah menyiapkan strategi pengawasan dengan bekerjasama kepada pihak terkait seperti Kementrian Kominfo dan Dewan Pers. Meskipun Bawaslu PPU tidak melaksanakan Pilkada Serentak 2020, tapi Bawaslu PPU punya kewajiban untuk menyuarakan proses atau tahapan-tahapan yang sedang berlangsung kepada masyarakat luas. Selain itu Bawaslu PPU dapat mengamati dan mempelajarinya untuk persiapan ketika Bawaslu PPU menyelenggarakan Pilkada nanti,” papar Daud pada Sabtu (17/10/2020).

Lebih lanjut Dirinya juga menghimbau jika masyarakat mengetahui adanya pelanggaran khususnya terkait kampanye media sosial dan media daring bisa untuk melaporkannya melalui beberapa akses yang sudah disediakan oleh Bawaslu.

“Masyarakat bisa melaporkan melalui Aplikasi Gowaslu, Bisa juga melalui Situs Web Resmi Bawaslu masing-masing daerahnya, atau juga bisa datang langsung ke kantor Bawaslu Kabupaten/Kota atau Bawaslu Provinsi di masing-masing daerah,” tutup Daud.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *