Pengelolaan dan Pengembangan Website Bawaslu Kabupaten PPU Pengelolaan dan Pengembangan Website Bawaslu Kabupaten PPU
Pengelolaan dan Pengembangan Website Bawaslu Kabupaten PPU

Website  merupakan salah satu dari sekian banyak media informasi yang digunakan dalam dunia internet. Di era modern saat ini website dinilai merupakan salah satu media yang mampu menyebarluaskan informasi lebih luas secara efektif dan efisien dibandingkan media massa lainnya.


Saat ini Bawaslu RI menggalakkan pengembangan website dalam menunjang kegiatan keterbukaan informasi publik, dengan mendapatkan predikat Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP) di peringkat kedua di tahun 2020. Bawaslu RI kian gencar menularkan predikat tersebut hingga ke Bawaslu Kabupaten/Kota.


“Pada tahun 2019 Bawaslu tingkat Kabupaten/Kota telah memiliki sebuah sub-domain dan hosting sebesar 2 GB dari bawaslu.go.id yang beralamatkan  sesuai dengan  nama Kabupaten/Kota masing-masing. Domain yang didapatkan oleh Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara sendiri adalah 1 user dengan sub-Domain ppu.bawaslu.go.id,” ujar Koordinator Divisi SDM Organisasi dan Datin, Bawaslu PPU, Daud Yusuf.


Lebih lanjut, pada tahun 2020 spesifikasi fasilitas website Lembaga Bawaslu mengalami perubahan, kemudian Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara mendapatkan penambahan kapasitas sub-domain dan hosting sebesar 1 GB, sehingga totalnya menjadi 3 GB saat ini dan CMS yang digunakan yaitu Codeigniter.


“Website Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara diadaptasi sepenuhnya mengikuti website Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur dengan perubahan-perubahan yang sederhana mencakup tampilan, menu dan informasi yang disajikan,” ujar Daud.


Saat ini Informasi yang disajikan pada halaman website Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara memuat semua aktifitas Bawaslu yang disusun berdasarkan halaman dan postingan seperti Profil Pimpinan, Profil Divisi, Kegiatan Pengawasan, Putusan, Publikasi Foto, Video, Berita dan PPID.


“ Saya berharap ini bisa menjadi salah satu tugas Bawaslu untuk mendukung keterbukaan informasi publik kepada masyarakat, sehingga masyarakat luas dapat serta merta menerima informasi tentang Bawaslu, baik itu berupa kegiatan atau pun informasi lainnya. Selain itu juga hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengenal kan Bawaslu Penajam Paser Utara kepada khalayak ramai, yang mana kita mengetahui pada saat ini peran media sosial sangat lah penting untuk mendukung sosialisasi dalam suatu kelembagaan,” pungkasnya.

Penulis Okta Purnama