Azhari Hafid, Strategi Pengelolaan Instagram Azhari Hafid, Strategi Pengelolaan Instagram
Azhari Hafid, Strategi Pengelolaan Instagram

Penajam, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Pada era digital ini, informasi sangat mudah dan cepat untuk disebarluaskan menggunakan teknologi. Bawaslu Penajam Paser Utara (PPU) menggunakan Media Sosial salah satunya Instagram sebagai media komunikasi dan  sosialisasi kepada publik. Belum lama ini hadir sebagai Narasumber, Azhari Hafid yang merupakan Campaign Strategy Specialist dalam diskusi yang digagas oleh Ketua Bawaslu PPU, Edwin Irawan. Diskusi dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom.  


Pada diskusi ini, Azhari Menyampaikan 6 poin. Diantaranya dirinya memaparkan hasil berdasarkan data dan analisis yang di tarik dari akun Instagram Bawaslu PPU. “ Insight dari postingan yang ada saat ini, periode 1 januari sampai 8 oktober 2021, Bawaslu PPU mendapat 8,1K like, 890 pengikut dan 697 postingan. Dari data ini bisa kita lihat bahwa Bawaslu PPU ini sebnarnya sangat aktif dan memiliki postingan di setiap harinya,” paparnya.


Lebih lanjut untuk waktu terbaik berdasarkan data, Bawaslu PPU mendapat banyak interaksi pada hari Senin jam 10. “ Hari sabtu jam 10 siang paling sangat minim interksi nya. Jadi usahakan Sabtu Minggu tidak ada postingan disitu. Postingan terbaik menurut saya adalah di hari kerja jam 10 dan jam 2 siang. Kemudian, kata yang paling banyak digunakan pada caption postingan adalah selengkapnya dan selanjutnya. Ini berarti bisa kita lihat bahwa postingan yang ada di Instagram ngelink ke website. Sebenarnya bagus tapi mungkin nanti strateginya bisa dirubah,” terang Azhari.


Terakhir untuk data, ada hastag yang sering digunakan namun jarang menarik interaksi dan ada pula hastag yang sanggat menarik interaksi. Hastag sendiri fungsinya adalah agar postingan itu dapat terorganisir dan terkelompok dengan baik. Namun untuk menarik minat pembaca dan menyebarluaskan jangkauan dirasa kurang efektif.

Penulis Okta Purnama