Sen. Okt 26th, 2020

Bawaslu Penajam Paser Utara

Situs Resmi Bawaslu Penajam Paser Utara

Bawaslu PPU Wujudkan Tertib Administrasi

1 min read

Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah mengikuti Rapat Kerja Teknis Pertanggungjawaban Keuangan atas dana hibah Pilkada 2020 dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) bagi Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur di Ballroom Hotel Harris Samarinda pada Rabu-Jumat (14-16/10/2020).

Salah satu hal yang dibahas dalam agenda tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelola keuangan dalam menyempurnakan pelaksanaan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan sebagai perwujudan Pemilu dan Pilkada yang sukses proses,sukses hasil dan sukses anggaran .

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Ali Musri Syam menyampaikan, pentingnya memedomani peraturan yang dikeluarkan oleh Bawaslu Republik Indonesia sebagai acuan dalam pertanggungjawaban keuangan, serta hal-hal yang harus dicermati terkait permasalahan yang mungkin timbul dalam pertanggungjawaban keuangan.

“Staf keuangan harus mempelajari keputusan Sekretaris Jenderal nomor 0343 yang merupakan instrumen dasar dalan pengengelolaan keuangan internal Bawaslu untuk menciptakan pengelolaan keuangan yang akurat, tertib , efisien, efektif, objektif, berkualitas serta akuntabel,” kata Ali Syam saat memberi keterangan melalui pesan WhatsApp Jumat (16/10/2020).

Dirinya juga menjelaskan, kedepannya Sekretariat Bawaslu PPU sebagai pioner yang menjalankan tugas pokok kelembagaan dengan memberikan dukungan administrasi dan teknis operasional pada Bawaslu PPU akan meningkatkan pemantauan untuk proses penyusunan kelengkapan surat pertanggungjawaban dalam mewujudkan tertib administrasi penggunaan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Jika pedoman internal ini diikuti dan dilaksanakan secara baik maka segala hal pengelolaan keuangan akan terpenuhi yaitu terwujudnya administrasi pertanggung jawaban keuangan yang benar, sebab dalam peraturan ini sudah diatur sedemikian lengkap dan detail,” pungkasnya.

Penulis Hana Kabela

Editor Okta Purnama

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *