Sen. Okt 26th, 2020

Bawaslu Penajam Paser Utara

Situs Resmi Bawaslu Penajam Paser Utara

Ada 15 Syarat Yang Harus Dipenuhi Calon PTPS

1 min read

Jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur telah membuka pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pilkada serentak 2020. Pendaftaran ini hanya khusus di daerah yang menggelar pemilihan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Datin Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Daud Yusuf mengatakan, tahap penjaringan pendaftaran bakal calon PTPS telah dibuka sejak tanggal 3-15 Oktober 2020 untuk masa pendaftaran, penerimaan & penelitian berkas, wawancara. Tetapi dalam masa ini ada 2 kali perpanjangan masa pendaftaran mulai tanggal 16-20 Oktober 2020 dan akan diumumkan pengawas TPS yang terpilih tanggal 11 November 2020.

“Karena masih masa pandemik, dalam proses pembentukan Pengawas TPS sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19. Misalnya proses pendaftaran dan proses wawancara dapat dilakukan secara daring,” ujarnya.

Untuk menjadi Pengawas TPS ada 15 syarat dipenuhi oleh calon PTPS nanti yang sudah diterbitkan oleh Bawaslu Republik Indonesia (RI). Diantaranya, warga Negara Indonesia, mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan BUMN/BUMD pada saat mendaftar dan bersedia melaksanakan uji usap (Rapid Test) atau RT-PCR atau menggunakan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikelola oleh dokter rumah sakit atau otoritas kesehatan dalam hal layanan rapid test atau RT-PCR.

“Untuk informasi lebih lengkap teman-teman yang ingin mendaftar bisa mendatangi atau menghubungi kantor Panwaslu masing-masing Kecamatan atau bisa juga dibuka melalaui website resmi milik Bawaslu di 9 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur,” tutup Daud.

Penulis Melinda Salsabella, S.Kom

Editor Okta Purnama

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *